Menjadi lembaga pendidikan unggul yang mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, dan unggul dalam bidang akademik serta ilmu agama, siap menghadapi tantangan global dengan penuh integritas dan dedikasi.
MBI Amanatul Ummah mempunyai guru-guru yang berkompeten dalam bidangnya, memiliki dedikasi tinggi terhadap pendidikan dan pengajaran agama. Pembelajaran berbasis pada pendekatan holistik yang mencakup intelektual, spiritual, sosial, dan emosional siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan minat dan bakat, serta penguatan karakter. Komitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi di dunia akademik maupun dunia kerja, dengan nilai-nilai agama yang kokoh.
Kami berharap setiap lulusan dari MBI Amanatul Ummah dapat menjadi pribadi yang tidak hanya sukses dalam dunia akademik, tetapi juga mampu memberi kontribusi nyata dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadi pemimpin yang bijak, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.
Menjadi lembaga pendidikan unggul yang mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, dan unggul dalam bidang akademik serta ilmu agama, siap menghadapi tantangan global dengan penuh integritas dan dedikasi.
Menyediakan pendidikan berkualitas dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan agama dalam setiap aspek pembelajaran. Membangun karakter siswa yang tangguh, berakhlak mulia, dan berorientasi pada kebaikan bersama. Meningkatkan kualitas pengajaran melalui metode yang inovatif dan berbasis pada teknologi.
Menggabungkan kurikulum nasional dengan pendekatan pendidikan agama yang mendalam, mencakup pelajaran umum dan keagamaan dengan metode yang saling melengkapi.
Ruang kelas yang modern, laboratorium yang memadai, perpustakaan, dan masjid sekolah sebagai pusat kegiatan keagamaan dan refleksi spiritual.
Menanamkan nilai-nilai moral dan etika dalam setiap aspek kehidupan sekolah, melalui kegiatan ekstrakurikuler, pengabdian masyarakat, dan pembinaan mental.
Program yang dirancang untuk membentuk siswa menjadi pemimpin yang bijaksana dan berakhlak, dengan fokus pada keterampilan manajerial dan soft skills.
Menggabungkan kurikulum nasional dengan kurikulum internasional adalah langkah strategis untuk menciptakan proses belajar yang holistik, seimbang, dan relevan dengan tuntutan global. Kombinasi ini bertujuan untuk memberikan siswa wawasan yang lebih luas, mendalam, serta keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia yang semakin terhubung secara global, sekaligus tetap menjaga nilai-nilai budaya dan agama yang menjadi identitas lokal.
Kurikulum nasional di Indonesia menekankan pada pengembangan kompetensi dasar siswa dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu akademik, sosial, budaya, maupun agama. Kurikulum ini juga bertujuan untuk membentuk karakter dan memperkenalkan siswa pada berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama.
Kurikulum internasional memberi siswa pengalaman belajar yang lebih luas dengan pendekatan berbasis pada pengembangan keterampilan global, pemikiran kritis, dan kreativitas. Hal ini memberikan siswa perspektif yang lebih terbuka dan pemahaman tentang dinamika dunia.
Untuk mencapai keseimbangan antara kurikulum nasional dan internasional, sekolah Anda dapat mengintegrasikan pendidikan agama dan nilai moral dengan mengadopsi pendekatan berbasis proyek dari kurikulum internasional (seperti dalam IB atau Cambridge) yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan kolaboratif
Kombinasi kurikulum ini dapat dinilai menggunakan metode yang menggabungkan pendekatan berbasis kompetensi dari kurikulum nasional dengan penilaian berbasis standar internasional, yang mencakup ujian dan penilaian berbasis kompetensi yang menguji pemahaman akademik dan penguasaan keterampilan. Penilaian proyek untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi.